Tips bisnis

Tips bisnis ala Jokowi
1. Competitive price
2. Quality
3. On time delivery

Portofolio bisnis
Portofolio bisnis perlu dilakukan untuk menambah sumber pemasukan dari tidak hanya satu jenis usaha. Banyak nasehat untuk kita melakukan portofolio bisnis, seperti kata pepatah Cina,”jangan taruh telur di dalam satu keranjang”.
Penulis pernah mengamati seorang Bapak di bundaran Dolog, Surabaya, yang secara sederhana mempraktikkan portofolio bisnis. Beliau membuka bengkel sepeda pancal, di sela-sela kesibukannya memperbaiki sepeda, ada pembeli rokok ketengan yang tersedia di warungnya. Tak lama kemudian, datang pembeli bensin eceran yang lewat dari arah Waru melintasi Jalan Ahmad Yani yang padat menuju Kota Surabaya.
Demikianlah ulasan mengenai portofolio bisnis yang dapat meminimalkan risiko jika kita hanya mengandalkan dari satu jenis bisnis saja dan tiba-tiba sepi pembeli, maka kita bisa mengharap pemasukan dari jenis bisnis yang lain.
Tentunya ini akan menjadi barokah jika kita peroleh dengan jalan yang halal dan ikhtiar usaha keras, serta “utun” dan bersyukur dalam mengelola rejeki yang kita terima.
Wallahu a’lam bishshowab.

Modal jadi pengusaha
Sumber: Majalah Al-Falah
Bisnis adalah lapangan usaha yang hebat. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:
“Perhatikan dunia bisnis karena di dalamnya ada sembilan persepuluh rezeki ” (HR. Ahmad).
Tips memulai usaha:
1. Kejujuran
2. Niatkan ibadah
3. Keberanian.

Tip Membuat Hobi Menjadi Ladang Bisnis
1. Pastikan barang dan jasa yang ditawarkan mempunyai kualitas dan bisa dikomersialisasikan.
2. Melakukan uji pasar dengan meminta pendapat para ahli atau sosok yang telah sukses dan bertanya pada komunitas terkait.
3. Berbisnis dengan konsisten.
4. Melakukan promosi.
5. Membuat perencanaan keuangan bisnis.
6. Idealnya memiliki dana investasi untuk penyediaan tempat, biaya perizinan, modal awal membeli peralatan dan tersedianya dana sebanyak tiga kali perkiraan biaya operasional per bulan.
Sumber: Bisnis Indonesia weekend 21 April 2013

The Toyota Way
5 strategi bisnis toyota:
1. Memenuhi standar kualitas pelanggan,
2. Penurunan biaya,
3. Harga yg kompetitif,
4. Ketersediaan produk,
5. After sales service

Layanan perbankan ‘cash deposit machine (CDM) dukung bisnis UKM
Saat ini layanan perbankan banyak mendukung bisnis UKM dalam bertransaksi antara penyedia dan pengguna jasa, salah satunya cash deposit machine. Dengan fasilitas CDM tersebut pebisnis UKM yang biasa bertransaksi melalui cash/tunai dapat langsung menyetorkan dananya ke rekening pribadi melalui mesin, dan kelebihannya lagi tanpa harus bertatap muka dengan teller, jadi bisa di luar jam buka bank.
Banyak bank yang menyediakan layanan CDM, diantaranya BCA, BNI, dll. Nduk Suroboyo yo wis akeh geraine.
Hal yang perlu diperhatikan dalam menyetorkan dana via CDM, kondisi uang perlu dalam keadaan baik, karena di dalam CDM terdapat mesin penghitung uang yang dilengkapi dengan sensor pemindai kondisi uang, seperti: terlipat, berlubang, sobek, dll.
Uang yang rusak secara otomatis keluar lagi dari tempatnya.
Hasil perhitungan uang akan tertera di layar monitor untuk dikonfirmasi oleh pengguna. Silahkan memanfaatkan kecanggihan alat tersebut, yang sangat memudahkan bagi nasabah bank yang ingin menyetorkan dananya ke dalam rekening tabung di luar jam operasional bank.
Demikian ulasan mengenai CDM, mugi manfaat lan barokah… Aamiin Ya Robbal ngalamiin.

Online marketing: pemasaran yang tidak pernah tidur
Ada beberapa jalur media komunikasi untuk pemasaran, diantaranya: melalui koran, majalah, TV, radio, baliho, selebaran, dan jalur online via internet.
Pada awalnya pebisnis pemula menempuh jalur pemasaran via offline, namun kondisi tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi jika melalui media ternama. Kelemahan pemasaran offline adalah waktu tayangnya hanya satu hari selama media tersebut dibaca oleh pelanggan koran, setelah itu akan disimpan, kelemahan lainnya jika koran sudah terbuang iklan tidak bisa dibaca lagi.
Keuntungan via online, pemasaran berlangsung terus menerus, seolah tidak pernah tidur. Kapan saja dan di mana saja pengguna bisa mengakses internet dan pada saat dibutuhkan, maka iklan bisa dijangkau melalui google atau toko online. Banyak media online yang menawarkan biaya gratis dalam beriklan.
Demikian ulasan mengenai online marketing: pemasaran yang tidak pernah tidur, semoga bermanfaat. Bagaimana pendapat Anda?

Kepercayaan adalah modal yang tak ternilai harganya
Beberapa waktu lalu penulis mengikuti sebuah pengajian yang mengangkat tema betapa pentingnya landasan iman bagi sebuah perusahaan. Di dalam pengajian tersebut Al-Mukarom memberi pencerahan, bahwa modal bisnis bukanlah uang sejuta dua juta maupun milyaran, modal bisnis yang paling utama adalah kepercayaan.
Dari sebuah tayangan televisi yang rutin mengulas masalah bisnis, salah seorang pelaku bisnis yang telah sukses mengungkapkan tips suksesnya yaitu sabar, jujur, serta membangun kepercayaan dan menjaga kepercayaan.
Tentunya terdapat value yang perlu diperhatikan dalam membangun kepercayaan, antara lain: integritas atau kejujuran, kualitas, dll.
Demikian semoga kita tetap senantiasa dalam Rachmat serta Ridho Allah SWT… Aamiin Ya Robb.

Bisnis harus naik kelas
Begawan manajemen Indonesia, Prof. Rhenald Kasali, dalam bukunya Wirausaha Mandiri menjelaskan bahwa dalam berbisnis harus naik kelas. Kalimat tersebut menyimpan arti yang dalam, bahwa kita selaku pebisnis tidak hanya puas dengan kondisi saat ini, tetapi juga hendaknya mempunyai mimpi untuk meningkatkan kapasitas bisnis. ‘Naik kelas’ sebagaimana disebutkan di atas, terkadang ada yang secara tidak disadari maupun sudah direncanakan sebelumnya atau istilah kerennya ‘by design’.
Dalam perjalanan bisnis, secara tidak disengaja permintaan pasar meningkat juga sudah dikatakan naik kelas, jadi tidak harus sing ndakik-ndakik. Order jasa entah itu cleaning service, jasa keamanan, atau service AC yang semula menangani order customer to customer atau rumah ke rumah, lalu meningkat ke order yang lebih baik yaitu order perusahaan ke perusahaan atau dikenal dengan istilah ‘business to business’ juga dikatakan telah naik kelas.
Para pelaku bisnis hendaknya menyusun road map perencanaan untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan yang dikelolanya. Dengan adanya road map berarti kita telah merancang bisnis kita untuk naik kelas. Tentunya dengan membangun dan menjaga kepercayaan kepada pelanggan, serta menjaga kualitas barang dan jasa yang kita produksi.

Dari rindu order menjadi banjir order

Terkadang dalam berbisnis ada massa sepi order, namun ada kalanya banjir order. Di kala banjir order itulah, terkadang kita tidak kuasa mengelola order dengan baik, sehingga kualitas pelayanan kita sedikit menurun. Bahkan ada order yang sudah terlanjur disetujui tidak terlayani dengan baik karena kita masih sibuk menangani pelanggan lain. Di sini dibutuhkan kearifan dalam mengelola order yang masuk. Tidak semuanya bisa kita layani, sehingga perlu kerelaan untuk melepas order sekiranya tidak mampu kita layani dengan baik. Masih banyak waktu lain untuk memperoleh rizki. Mungkin dengan melepas order yang satu, bisa jadi rezeki bagi provider lain.

 

Butuh kesabaran dalam berbisnis
Dalam berbisnis terkadang kita tidak sadar ingin segera menangguk keuntungan yang besar, sehingga tidak sabar menunggu waktu pembeli datang.
Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi dalam berbisnis. Perlu dilakukan perbaikan terus -menerus di dalam cara kita berbisnis baik dari sisi internal, mungkin kualitas layanan dan barang kita, maupun sisi eksternal, dari pelanggan yang belum mau melirik produk kita.
Tidak lupa sisi penting hablum minallah (hubungan makhluk dengan اللَّهُ Sang Maha Pencipta) dengan banyak berdzikir kepada اللَّهُ dan hablum minannas (hubungan dengan sesama makhluq) yang perlu selalu terus ditingkatkan.
Banyak tips untuk meningkatkan hubungan dengan sesama, yaitu dengan bersedekah dan menunaikan zakat serta menyayangi anak yatim piatu.
Senantiasa bersholawat kepada Kanjeng Nabi Rasulullah Muhammad SAW agar kita mendapat syafaatnya di hari akhir.
Demikian semoga dapat menjadi pesan moral agar kita selalu bersabar dalam berbisnis dan berdagang.

4 fungsi pemimpin bisnis (CEO)
Menurut Stephen Covey, sebagai seorang CEO hendaknya memiliki 4 fungsi, yaitu: perintis, penyelaras, pemberdaya, dan panutan.
Perintis, berkaitan visi dan strategi, yakni ke mana perusahaan akan dibawa dan bagaimana caranya agar sampai ke sana.
Fungsi penyelaras mengelola keseluruhan sistem dalam organisasi perusahaan agar mampu bekerja sama dan saling sinergi.
Fungsi pemberdaya, menumbuhkan lingkungan agar setiap orang dalam organisasi perusahaan mampu melakukan yang terbaik dan selalu comitted.
Fungsi panutan mengungkapkan bagaimana agar seorang CEO dapat menjadi panutan bagi para karyawannya. Bagaimana ia bertanggung jawab atas tutur kata, sikap, perilaku, dan keputusan yang diambilnya. Sejauh mana ia melakukan apa yang dikatakannya. Dapatkah ia dipercaya.
*dari buku “Rahasia sukses the best CEO Indonesia” karya Harmanto Edy Djatmiko.

Modal usaha
Dalam hal permodalan untuk memutar roda bisnis, terdapat tiga jenis modal, yaitu:
1. Modal investasi
Modal jenis ini digunakan sebagai investasi awal untuk memulai usaha, seperti membeli alat cuci AC, tools, dan sepeda motor untuk kendaraan operasional.
2. Modal operasional
Modal operasional bermanfaat untuk biaya operasional rutin, seperti gaji pegawai, biaya listrik, telepon, air, dll.
3. Modal kerja
Modal ini diperuntukkan pengadaan bahan baku atau barang dagangan, seperti AC, freon, dll.
Namun ketiga modal tersebut perlu dikelola secara arif melalu manajemen cash flow yang tepat dan seimbang untuk menjaga kesinambungan bisnis Anda.
Demikian disampaikan agar kita lebih bijak dalam mengelola modal usaha.

Zakat dari niaga
Sisihkanlah zakat niaga, agar bisnis Anda barokah, halalaln thoyyiba… آمين
Siapakah yang menggerakkan pembeli untuk membeli barang jika bukan اللَّهُ SWT.

Smartphone tunjang bisnis online
Peningkatan bisnis online didorong oleh semakin pesatnya pertumbuhan ponsel smartphone yang membuka akses bagi pengguna untuk memasarkan atau membeli produk atau jasanya. Pada umumnya, segmen pasar kawula muda yang sudah memiliki pengetahuan untuk memperoleh data melalui akses internet dari handphone. Hal tersebut merupakan peluang.

STP+4P
Dalam strategi pemasaran terdapat dua kelompok besar strategi, yaitu pertama high level, ditempuh dengan cara segmentation, targetting, dan positioning atau dikenal dengan istilah STP, sedangkan kedua adalah low level dengan 4P, yaitu product, price, place, dan promotion.
Untuk 4P yang juga lebih populer dengan jargon marketing mix, sudah kita bahas pada artikel terdahulu. Kali ini mari kita bahas yang STP satu per satu.
Segmentation
Sebelum melempar produk ke pasar, hendaknya kita melakukan riset kecil terhadap konsumen yang hendak kita tuju dengan melakukan identifikasi segmentasi pasar. Segmen pasar bisa dilakukan berdasarkan usia, jenis kelamin, demografi (daerah), maupun segmen low, middle, atau high class.
Contoh yang bisa kita lihat dari produk ponsel, ada yang diciptakan low end maupun high end. Hal tersebut membawa konsekuensi terhadap harga dan kualitas.
Targetting
Setelah melakukan segmentasi pasar, selanjutnya kita memilih target pasar. Pemilihan target pasar ini mengarahkan kita untuk menentukan metode pemasaran, jumlah produk yang harus disediakan, modal kerja yang mesti disediakan, dan segalanya.
Sebagaimana dikutip dalam edisi mingguan bisnis Indonesia, 11 Desember 2011, Hermawan Kartajaya dalam bukunya Targeting menjelaskan bahwa pemilihan segmen pasar yang tepat sangat penting agar usaha bisa mencapai volume penjualan yang cukup besar dan memperoleh keuntungan, sehingga usaha bertahan dan maju.
Positioning
Kegiatan positioning merupakan cara kita menempatkan produk dan jasa yang kita tawarkan relatif terhadap produk pesaing. Memang faktor harga dalam konteks ini menentukan, tetapi itu bukan segalanya. Terkadang kastamer menghendaki kualitas, variasi pilihan produk, pelayanan, dan kecepatan pengiriman ketimbang sekedar harga murah.
Demikian ulasan strategi pemasaran yang kami nukil dari bukunya begawan pemasaran asal Surabaya, the marketing guru, Hermawan Kartajaya.
Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan yang berniat memulai bisnis atau yang akan memperluas ekspansi bisnis.

Kode M, Marketing (Freelance / Part Timer)

  • Wanita, Usia max. 25 Tahun
  • Mahasiswa jurusan Komunikasi
  • Berpenampilan menarik
  • Memiliki motivasi diri yang tinggi
  • Dapat berkomunikasi dengan baik
  • Memiliki kendaraan sendiri
  • Sistem komisi, fee per order

Kode TMD, Teknisi Maintenance Diesel (Freelance / Part Timer)

  • Pengalaman maupun siswa magang STM
  • Jujur
  • Dapat bekerja sama dalam tim
  • Memiliki motivasi diri yang kuat
  • memiliki kompetensi dalam operasi dan pemeliharaan diesel dan genset

Kode TPA, Teknisi Perawaatan AC

  • Siswa STM jurusan pengkondisian udara
  • Jujur
  • Dapat bekerja sama dalam tim
  • Memiliki motivasi diri yang kuat
  • Memiliki kompetensi dalam pemeliharaan AC dan Tata Udara

Kirim lamaran dengan menuliskan kode posisi di sudut kiri atas surat, ke alamt e-mail:

fastservicesacsurabaya@yahoo.co.id

Lowongan di tutup Tanggal 15 Agustus 2011

Iklan

Satu Balasan ke Tips bisnis

  1. Winda berkata:

    vast gimana punyaku .tetap tak tunggu kabarnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s